Cara Alami Menghilangkan Ketombe

4 Sep 2013

Penampilan sempurna, siapa yang tidak ingin? Pasti setiap orang tidak mau mengalami hal yang memalukan, seperti sudah dandan habis-habisan, tetapi justru ada ketombe berjatuhan di pakaian Anda. Selain merusak penampilan, ketombe juga menyebabkan gatal dan kulit kepala tidak sehat. Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati pada kepala. Hal ini merupakan hal yang wajar karena sel yang sehat akan terus beregenerasi. Hal yang tidak normal adalah jika kulit yang mengelupas menyebabkan kemerahan dan iritasi dan berlangsung kurang dari 3 hari sekali.

 

 

 

Cara menghilangkan ketombe dari kulit kepala ada banyak, tetapi terlebih dulu harus diketahui penyebab-penyebabnya.Banyak faktor yang memicu timbulnya ketombe, seperti pemakaian shampoo dan produk rambut yang tidak cocok, jamur dan keringat berlebih. Untuk mengatasi hal itu, keramaslah 2 hari sekali dan belilah shampoo atau produk rambut dalam kemasan yang kecil dahulu, untuk mengetahui apakah produk itu cocok atau tidak dengan rambut Anda. Cara mengatasi ketombe yang lain adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan santan. Caranya dengan memeras jeruk nipis sebanyak kurang lebih 100 ml, campur dengan 100 ml santan. Aduk rata dan usapkan ke seluruh kulit kepala, lalu pijat-pijat kulit kepala Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu keramas. Ramuan itu mengandung tanin dan vitamin C yang berfungsi sebagai antibakteri dan bisa menghilangkan ketombe.

Cara mengatasi ketombe selain menggunakan jeruk nipis dan santan adalah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya, petik lidah buaya dan belah menjadi dua bagian secara vertikal. Usapkan gel nya ke kulit kepala. Gel ini juga bisa membuat kulit kepala segar. Setelah diusap secara merata, diamkan kira-kira 15 menit, lalu bersihkan dengan shampoo. Selain lidah buaya, daun pandan juga merupakan salah satu bahan untuk mencegah ketombe. Cuci beberapa lembar daun pandan, lalu dihaluskan dan tambah dengan air secukupnya. Aduk rata lalu saring air dan oleskan saringannya di kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan beberapa saat lalu keramas.

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal. Beberapa tips perawatan rambut diatas hanyalah untuk mengurangi keluarnya ketombe menjadi normal karena pada dasarnya, ketombe merupakan proses alami kulit yang beregenerasi. Jadi, jagalah kebersihan rambut dengan keramas 2 kali sehari dengan menggunakan shampoo dan conditioner anti ketombe, bisa juga ditambahkan dengan tonik rambut. Kulit kepala yang bersih dan sehat akan meminimalkan munculnya ketombe. Hindari juga memakan makanan pedas dan berminyak terlalu banyak, karena hal ini membuat produksi keringat meningkat dan merangsang produksi minyak berlebih pada kulit kepala.


TAGS perawatan rambut ketombe cara menghilangkan ketombe


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Archive